Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bitcoin

Bitcoin adalah cryptocurrency terdesentralisasi pertama di sektor ini – semacam aset digital yang memanfaatkan kriptografi kunci publik untuk mengajukan, menandatangani, dan mengirim transaksi melalui blockchain Bitcoin – semuanya selesai tanpa pengawasan pemerintah.

Jaringan Bitcoin (dengan top-case "B") diluncurkan pada Januari 2009 melalui programmer laptop anonim atau organisasi programmer dengan nama samaran "Satoshi Nakamoto." Komunitas ini adalah perangkat harga digital peer-to-peer yang menggunakan cryptocurrency yang disebut bitcoin (decrease case "b") untuk mengalihkan nilai melalui internet atau bertindak sebagai toko biaya seperti emas dan perak.

Setiap bitcoin terdiri dari 100 juta satoshi (perangkat terkecil bitcoin), membuat bitcoin orang dapat dibagi hingga 8 lokasi desimal. Dengan cara itu benar-benar semua orang dapat membeli fragmen bitcoin dengan serendah satu greenback AS.

Biaya Bitcoin terkenal karena sangat berisiko, namun meskipun demikian, ia telah menjadi aset berkinerja puncak dari kelas apa pun (termasuk saham, komoditas, dan obligasi) selama dekade terakhir – naik 9.000.000% yang mengejutkan antara 2010 dan 2020.

Ketika cryptocurrency dirilis pada awal 2009, ketika Satoshi Nakamoto menambang blok genesis bitcoin (blok pertama di blockchain Bitcoin), 50 BTC bergerak pada tingkat $ 0,00.

Lima puluh bitcoin bertahan untuk bergerak setiap blok (dibuat segera setelah setiap 10 menit) sampai peristiwa halving pertama berlalu pada bulan November 2012 (lihat di bawah). Halvings berunding dengan mesin penerbitan bitcoin, yang diprogram ke dalam kode Bitcoin dengan bantuan Satoshi Nakamoto. Ini pada dasarnya melibatkan secara otomatis mengurangi separuh jumlah BTC baru yang beredar setiap 210.000 blok.

Pada bulan Februari 2011, harga BTC mencapai paritas dengan Amerika Serikatdollar untuk pertama kalinya. Tonggak sejarah merekomendasikan pembeli baru ke pasar, dan selama empat bulan ke depan, harga bitcoin terus meningkat – memuncak di lebih dari $ 30.

Pada awal 2013, cryptocurrency utama telah pulih dari episode bearish yang diperpanjang dan naik di atas $ 1.000, meskipun paling sederhana singkatnya. Tetapi dengan peretasan Mt Gox yang terkenal, China mengumumkan larangan pertamanya pada crypto dan situasi yang berbeda, butuh empat tahun lagi untuk biaya BTC untuk kembali ke atas $ 1.000 lagi. Setelah tahap itu berlalu, bagaimanapun, biaya bitcoin terus melonjak secara dramatis selama 2017 sampai BTC memuncak pada tertinggi sepanjang masa sebelumnya sebesar $ 19.850.

Selama 2018, seluruh pasar crypto jatuh ke dalam apa yang sekarang dikenal sebagai "musim dingin crypto" – pasar bertahan selama setahun. Baru pada Desember 2020, ketika bitcoin kembali memeriksa kelebihan sepanjang masa sebelumnya, akhirnya melampaui tingkat kuno itu dan naik 239% selama 119 hari berikutnya menjadi baru sepanjang masa lebih dari $ 64.799.

Bitcoin dan cryptocurrency lainnya seperti e-mail dari internasional keuangan. Uang asing tidak ada dalam bentuk fisik, dan koin ditransaksikan tanpa penundaan antara pengirim dan penerima tanpa perantara perbankan untuk memfasilitasi transaksi. Semuanya dilakukan secara terbuka melalui teknologi buku besar yang jelas, tidak berubah, dan didistribusikan yang disebut blockchain.

Berikut adalah fitur utama generasi blockchain:

Transaksi Bitcoin dicatat pada buku besar publik yang dibagikan yang disebut sebagai "blockchain" yang dapat digunakan setiap orang untuk memuat dan membantu mempertahankannya.

Transaksi dikirim sekaligus dari pengirim ke penerima tanpa perantara.

Pemegang yang menyimpan bitcoin mereka sendiri memiliki seluruh manipulasi di atasnya. Itu tidak dapat diakses tanpa kunci kriptografi pemegang.

Bitcoin tidak ada dalam bentuk fisik.

Bitcoin memiliki pasokan tetap 21 juta. Tidak ada bitcoin tambahan yang dapat dibuat dan perangkat bitcoin tidak dapat dihancurkan.

Pengguna Bitcoin mengirim dan mendapatkan uang tunai melalui komunitas dengan memasukkan fakta-fakta umum yang melekat pada dompet virtual semua orang.

Untuk memberi insentif kepada jaringan orang-orang yang ditiadakan yang memverifikasi transaksi bitcoin (penambang), biaya terhubung ke setiap transaksi. Harga diberikan kepada penambang mana pun yang menyediakan transaksi ke blok baru. Biaya lukisan pada sistem penjualan publik harga primer, di mana semakin baik biaya yang melekat pada transaksi, semakin besar kemungkinan penambang akan sistem transaksi yang pertama.

Setiap transaksi bitcoin yang mengambil area harus secara permanen dikhususkan untuk buku besar blockchain Bitcoin melalui metode yang disebut "penambangan." Penambangan Bitcoin mengacu kembali pada proses di mana penambang bersaing dengan penggunaan sistem komputer khusus yang dikenal sebagai chip sirkuit terpadu yang tepat utilitas (ASIC) untuk membuka kunci blok berikut dalam rantai.

Membuka lukisan blok sebagai berikut:

Penambangan crypto menggunakan perangkat yang dikenal sebagai hashing kriptografi. Karakteristik ini benar-benar mengambil setiap enter (pesan, kata-kata atau catatan apapun) dan mengubahnya menjadi kode alfanumerik set-length yang disebut "hash."

Setiap input menciptakan hash yang benar-benar unik, dan hampir tidak mungkin untuk memprediksi input apa yang akan membuat hash tertentu. Bahkan mengubah satu pria atau wanita dari enter akan menghasilkan kode periode konstan yang sangat berbeda.

Setiap blok baru memiliki biaya yang disebut "target hash." Untuk memenangkan hak untuk mengisi blok berikutnya, penambang perlu memasok hash ini lebih rendah dari atau sama dengan biaya numerik dari hash 'tujuan'. Karena hash benar-benar acak, itu hanya hitungan trial and error sampai satu penambang berhasil.

Teknik ini mengharuskan penambang untuk menerapkan mesin dan menghabiskan waktu dan energi mencari untuk mendapatkan sesuatu yang dikenal sebagai sistem bukti-of-kerja dan dirancang untuk mencegah penjual jahat dari spamming atau mengganggu jaringan.

Siapa pun yang secara manjur membuka kunci blok berikut dihargai dengan berbagai macam bitcoin tetap yang dikenal sebagai "hadiah blok" dan dapat menambahkan beberapa transaksi ke blok baru. Mereka juga mendapatkan harga transaksi yang melekat pada transaksi yang mereka unggah ke blok baru. Blok baru ditentukan kurang lebih sekali setiap 10 menit.

Hadiah blok Bitcoin berkurang selama bertahun-tahun. Setiap 210.000 blok, atau kira-kira sekali setiap empat tahun, jumlah bitcoin yang diterima dari setiap hadiah blok dibelah dua untuk secara bertahap mengurangi jumlah bitcoin yang memasuki celah selama bertahun-tahun. Pada 2021, penambang mendapatkan 6,25 bitcoin setiap kali mereka menambang blok baru. Halving bitcoin berikutnya diperkirakan akan muncul pada tahun 2024 dan akan melihat hadiah blok bitcoin turun menjadi 3,100 juta bitcoin per blok. Ketika pasokan bitcoin baru yang memasuki pasar semakin kecil, itu akan membuat pembelian bitcoin lebih agresif – dengan asumsi permintaan untuk bitcoin tetap tinggi.

Prosedur yang mengharuskan kontributor komunitas untuk melakukan waktu dan sumber daya untuk mengembangkan blok baru menjamin masyarakat tetap aman. Tapi perlindungan itu datang pada tingkat tertentu. Pada 2021, komunitas Bitcoin mengkonsumsi sekitar sembilan puluh tiga terawatt jam (TWh) daya sesuai dengan tahun – di seluruh kekuatan yang sama yang diberikan dengan bantuan u terbesar ke-34. s . di dalam internasional.

Dorongan untuk makanan untuk energi ini telah menarik keluhan luas dari selebriti yang terdiri dari CEO Tesla Elon Musk kepada badan-badan pihak berwenang bersama dengan Dewan Negara China dan Senat AS atas dampak Bitcoin pada alternatif cuaca. Tetapi pada saat yang sama dengan angka energi yang sangat berlebihan, penting untuk dicatat bahwa penambangan bitcoin dengan tagihan maksimum sebesar 1,29% dari asupan kekuatan Amerika Serikat yang belum menikah. Belum lagi, Bitcoin adalah mesin moneter lengkap yang asupan energinya dapat diukur dan dilacak, tidak seperti gadget fiat, yang tidak dapat diukur dengan tepat dan membutuhkan sejumlah lapisan tambahan untuk ditampilkan, seperti ATM, mesin kartu, cabang bank, mobil keamanan, pusat garasi dan fasilitas data besar.

Ada juga sejumlah proyek bersama dengan Crypto Climate Accord dan Bitcoin Mining Council yang bertujuan untuk meningkatkan jejak karbon Bitcoin dengan mendorong penambang untuk menggunakan aset listrik terbarukan.

Seperti yang telah dikutip, komunitas Bitcoin diciptakan melalui programmer pseudonim, atau organisasi programmer, yang dikenal paling sederhana sebagai "Satoshi Nakamoto." Selama perbaikan awal, pengembang lain bergabung dengan lukisan di protokol, yang meliputi cypherpunk Hal Finney, kriptografer Wei Dai dan Nick Szabo dan pengembang perangkat lunak Gavin Andresen.

Ada juga sejumlah pembangun lain termasuk Pieter Wuille dan Peter Todd yang berkontribusi pada pengembangan Bitcoin Core – pelindung pertama di komunitas Bitcoin. Pelanggan adalah sedikit perangkat lunak yang memungkinkan peserta komunitas untuk menjalankan node dan terhubung dengan blockchain.

Sebuah organisasi nirlaba Amerika bernama Bitcoin Foundation didirikan pada tahun 2012 untuk membantu pengembangan dan adopsi protokol Bitcoin. Setelah tiga tahun, tetapi, inspirasi pada akhirnya kehabisan uang tunai dan dibubarkan.

Post a Comment for "Bitcoin"