Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Subhanallah! Inilah Sosok Kiai Paling Sakti Di Tanah Jawa Yang Miliki Ilmu Melipat Bumi


Bagi orang Jawa Tengah, pasti tidak asing dengan sosok kiai sakti ini. KH Asykari alias mbah Mangli namanya. Orang luar Jawa Tengah biasanya memanggil Mbah Mangli Magelang. Ya, beliau berasal dari Magelang. Beliau termasuk kiai yang kaya raya namun hidupnya penuh dengan kesederhanaan. Lebih detail lagi, simak ulasan mengenai Mbah Mangli di bawah ini, seperti yang dilansir di suarapesantren.net (09/09/18).

1. Kesederhaan Mbah Mangli

Mbah Mangli adalah seorang pendakwah profesional. Beliau kerap kali diundang ke sana ke mari untuk mengisi ceramah/pengajian. Ketahuilah, Mbah Mangli tidak pernah meminta bayaran bahkan beliau menolak jika panitia menyelipkan amplop uang.

“Jika separuh jamaah yang hadir tadi mau dan berkenan menjalankan apa yang saya sampaikan tadi, itu jauh lebih bernilai dari apapun. Jadi mohon jangan dinilai dakwah saya ini dengan uang, kalau tuan mau antar saya pulang saya terima, kalau kesulitan ya tidak mengapa, saya bisa pulang sendiri,” begitu ucap Mbah Mangli saat menolak bayaran dari panitia, seperti yang dilansir di suarapesantren.net (09/09/18).

2. Kesaktian Mbah Mangli


Tidak hanya menjadi pendakwah profesional, Mbah Mangli juga terkenal dengan kesaktiannya. Saat pengajian, beliau tidak pernah menggunakan alat pengeras suara meski jamaahnya sangat banyak. Akan tetapi, para jamaah mampu mendengar suara Mbah Mangli dengan baik.

Mbah Mangli juga dikenal sebagai kiai yang memiliki ilmu melipat bumi, yaitu bisa datang dan pergi ke berbagai tempat yang jauh dalam sekejap mata saja. Di sisi lain, beliau kerap kali mengetahui seseorang akan bertamu beserta maksud dan tujuannya sebelum orang itu tiba di rumahnya.

Itulah ulasan mengenai Mbah Mangli, seperti yang dilansir di suarapesantren.net (09/09/18). Bagaimana menurut Anda? Semoga artikel ini bisa memberi wawasan baru untuk Anda.

Post a Comment for "Subhanallah! Inilah Sosok Kiai Paling Sakti Di Tanah Jawa Yang Miliki Ilmu Melipat Bumi"