Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Astagfirullah, Inilah 5 Golongan Orang Yang Tak Akan Mencium Bau Surga


Masuk surga mungkin impian/keinginan setiap orang kelak di akhirat nanti. Surga adalah tempat bagi orang yang beriman kepada Allah Swt dan orang yang selalu berbuat baik selama hidupnya didunia.

Surga merupakan sebaik-baiknya tempat di akhirat kelak. Baunya saja bisa tercium dari jarak 70 tahun perjalanan. Namun, ada golongan orang yang tak akan bisa mencium baunya surga.

Dilansir dari Akun Instagram.com/video.islam (27/09/2021), Ustadz Adi Hidayat Lc, MA dalam ceramahnya mengatakan :

1. Orang Yang Sombong

Sejatinya semua kelebihan yang dimiliki manusia hanyalah titipan atas kuasa Allah Swt. Jadi, apalah yang harus di sombongkan oleh manusia itu sendiri? Apalagi, orang sombong tidak akan mencium surga-Nya Allah Swt, walaupun kesombongannya itu sebesar biji dzarrah.

Sebagaimana Sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam : "Tidaklah seorang laki-laki meninggal dunia, dan ketika ia meninggal di dalam hatinya terdapat sebiji sawi dari sifat sombong, sulit baginya mencium bau surga atau melihatnya." Lalu seorang laki-laki dari suku Quraisy yang bernama Abu Raihanah berkata, "Demi Allah wahai Rasulullah, saya benar-benar menyukai keelokan dan menggemarinya hingga pada gantungan cemetiku dan juga pada tali sandalku!" Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : "Itu tidaklah termasuk kesombongan, sesungguhnya Allah 'Azza Wajalla itu indah dan menyukai keindahan. Akan tetapi sombong itu adalah siapa yang menolak kebenaran dan meremehkan manusia dengan kedua matanya." (HR. Ahmad, Shahih Lighairihi)

2. Orang Yang Mencari Ilmu Akhirat Untuk Tujuan Duniawi

Dalam Agama Islam sendiri, sangat mengajurkan umatnya untuk menuntut ilmu, terutama ilmu akhirat. Namun apabila ilmu akhirat dicari dengan tujuan duniawi, maka orang tersebut terancam tidak akan bisa mencium bau surga-Nya Allah Swt.

"Barangsiapa menuntut ilmu yang seharusnya untuk Allah, namun ia tidak menuntutnya kecuali untuk mencari dunia, maka pada hari kiamat ia tidak akan mendapatkan bau surga." (HR. Ibnu Majah, Abu Daud dan Ahmad : Shahih)

3. Orang Yang Menyemir Rambutnya, Khususnya Dengan Warna Hitam

Semakin tuanya umur manusia, maka akan ada banyak perubahan pada dirinya, dan salah satunya perubahan warna rambut yang mulai memutih. Namun janganlah menyemir rambut dengan warna hitam, karena itu menyebabkan kalian tidak bisa mencium bau surga.

"Pada akhir zaman nanti akan ada orang-orang yang mengecat rambutnya dengan warna hitam seperti warna mayoritas dada merpati, mereka tidak akan mendapat bau surga." (HR. Abu Daud : Shahih)

4. Wanita Yang Minta Cerai Tanpa Alasan

Dalam Agama Islam sendiri dijelaskan bahwa Allah Swt sangat membenci perceraian. Namun perceraian boleh dilakukan jika salah satu pihak baik istri maupun suami sudah tidak lagi merasa dihargai atau dihormati. Tapi jika seorang istri minta di ceraikan tanpa alasan yang jelas maka orang tersebut tidak bisa mencium bau surga.

"Siapa pun wanita yang meminta talak pada suaminya tanpa alasan maka bau surga haram baginya." (HR. Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad : Shahih)

5. Orang Yang Membunuh Kafir Mu'ahad

Ajaran Islam sangat menjunjung kesetian dan perdamaian. Maka seorang muslim tidak boleh membunuh orang kafir yang terikat perjanjian dengan pemerintah Islam (Kafir Mu'ahad).

"Barangsiapa membunuh orang kafir mu'ahad, maka dia tidak akan mencium bau wangi surga." (HR. Bukhari)

Itulah beberapa golongan orang yang diklaim tidak akan mencium baunya surga-Nya Allah Swt. Semoga kita semua senantiasa dijauhkan dengan golongan orang-orang tersebut.

Post a Comment for "Astagfirullah, Inilah 5 Golongan Orang Yang Tak Akan Mencium Bau Surga"