Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips iPhone Agar Tidak Disusupi Virus Pegasus

 

https://www.garudaphone.id/ - Virus atau malware pegasus beberapa lalu sempet bikin gempar karena telah menginfeksi perangkat dari seorang wartawan dan juga beberapa aktivis. Virus ini bisa mengendalikan dan memonitor Perangkat iPhone korbannya.

Pesan teks dan email dapat diakses jika perangkat Anda sampai disusupi spyware buatan perusahaan perangkat lunak asal Israel, NSO Group, itu. Bahkan panggilan telepon Anda juga bisa direkam dan kamera dalam ponsel diaktivasi untuk menjadi mata mereka untuk mengawasi segala aktivitas Anda sehari-hari. 

Sejumlah laporan mengklaim pembaruan terbaru iOS 14.7.1 oleh Apple mampu menghadang eksploitasi oleh Pegasus di perangkat iPhone atau iPad. Belum ada konfirmasi soal dari Apple dan untuk berjaga-jaga ada beberapa langkah gratis untuk mengetahui apakah perangkat Anda disusupi spyware Pegasus atau tidak.

Unduh aplikasi iMazing di Mac atau PC 

Aplikasi iMazing baru-baru ini memperbarui versi MacBook dan PC-nya untuk menyertakan Perangkat Verifikasi Seluler (MVT) Amnesty International yang dibuat untuk mendeteksi tanda-tanda Pegasus pada perangkat. Aplikasi mengklaim tidak membebani pengguna untuk mengakses fitur tersebut. 


Jangan khawatir tentang membeli aplikasi, Anda dapat menjalankan tes spyware lengkap menggunakan uji coba gratis. Setelah diunduh, instal iMazing lalu buka. Saat diminta, pilih uji coba gratis. 


Tes spyware Pegasus di iPhone atau iPad

Dengan iMazing erinstal dan berjalan, sambungkan iPhone atau iPad Anda ke komputer menggunakan kabel yang sesuai. Anda mungkin harus memasukkan kode Layar Kunci pada perangkat Anda untuk menyetujui koneksi sebelum melanjutkannya—sesuatu yang perlu diingat jika iPhone atau iPad Anda tidak muncul di iMazing.  

Selanjutnya, gulir ke bawah melalui opsi tindakan di sisi kanan iMazing hingga Anda menemukan Detect Spyware, lalu klik di atasnya. Jendela baru akan terbuka, dan memandu Anda untuk melalui prosesnya. 


Alat ini bekerja dengan membuat cadangan lokal perangkat Anda, jadi Anda harus memastikan memiliki cukup ruang penyimpanan untuk cadangan, kemudian menganalisis cadangan itu. Ini adalah tugas otomatis, jadi Anda tidak perlu berlama-lama memantaunya setelah meng-klik mulai.  

Setelah proses dimulai, pastikan Anda membiarkan iPhone atau iPad Anda tetap terhubung hingga selesai. Karena menjalankan tes pada iPhone 12 Pro seperti uji coba yang dilakukan CNET membutuhkan sekitar 30 menit untuk membuat cadangan dan 5 menit lagi untuk dianalisis. Setelah cadangan dibuat, harus memasukkan kata sandi akun untuk memungkinkan iMazing mulai menganalisis file.

Setelah mulai menganalisis cadangan perangkat Anda, iMazing akan menunjukkan kemajuannya dengan menampilkan setiap aplikasi yang diperiksanya, dimulai dengan iMessage. Aplikasi ini menggunakan database alamat email berbahaya, tautan, nama proses, dan nama file yang diketahui.

Saat iMazing selesai, Anda akan melihat peringatan dengan hasilnya. Dalam kasus CNET, iPhone 12 Pro tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi dan memiliki 0 peringatan.  


Yang harus dilakukan jika memiliki tanda spyware Pegasus

Pertama-tama, jangan panik. Ini bisa menjadi positif palsu. Aplikasi iMazing meminta Anda mengirim laporan (klik ungkap laporan untuk langsung membuka file) ke tim dukungan pelanggannya yang kemudian akan melakukan analisis lebih lanjut.  

Perusahaan menyarankan, bagaimanapun, bahwa jika Anda atau anggota keluarga aktif dalam "konteks sensitif secara politik" dan memiliki laporan positif, segera mengeluarkan kartu SIM Anda dan mematikan iPhone Anda.  


Post a Comment for "Tips iPhone Agar Tidak Disusupi Virus Pegasus"