Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Dosa Besar Suami Terhadap Istri, Nomor 3 Sering Disepelekan!


Kadang, suami tak sadar bahwa beberapa sikap yang disepelekan terhadap istri bisa menyebabkan dia memperoleh catatan amal buruk. Istri jua memiliki hak, apabila itu tidak ditunaikan maka akan menjadi tanggungan dosa bagi suaminya.

Tulisan di bawah ini akan mengulas beberapa perbuatan suami yang bisa menjadi dosa terhadap istrinya.

1. Tidak mengajari ilmu agama

Salah satu hak paling penting istri adalah mendapat pengajaran dari suaminya terutama dalam perkara agama. Adalah sebuah kewajiban bagi suami untuk mendidik istrinya. Karena istri akan menjadi madrosatul ulaa bagi anak-anaknya.

Anak yang saleh dan berakhlak mulia dididik oleh istri yang salehah dan taat, sedang istri semacam itu hanya ada pada suami yang saleh dan taat pula serta memiliki pemahaman agama yang baik. Yang siap membimbing istrinya menjadi tauladan bagi buah matanya.

Maka tunaikanlah hak istri wahai suami!

2. Tidak memberi nafkah

Selain ilmu agama, yang tidak kalah pentingnya ialah memberi nafkah. Diwajibkan kepada suami untuk memberi nafkah pada istrinya sesuai dengan kemampuannya.

Adalah sebuah dosa besar bagi suami yang membiarkan istrinya mencari nafkah, sedang dia diam di rumah dan tidak melakukan apa-apa.

Istri diperbolehkan mencari nafkah dengan syarat: dalam rangka membantu suami dan usaha/pekerjaan yang dia lakukan atau tempat dia bekerja terhindar dari fitnah.

Tapi, jika membiarkan istri menjadi tulang punggung, sedang suami hanya duduk dan menghabiskan waktu sia-sia, serta tak ada udzur syar'i yang menghalangi, sungguh dia melakukan dosa.

3. Tidak memiliki rasa cemburu

Suami diwajibkan untuk memiliki rasa cemburu. Bila suami tidak memiliki, itu benar-benar sebuah kesalahan fatal.

Seorang suami yang tak memiliki rasa cemburu disebut dayyuts, dan Allah tak akan melihat kepadanya pada hari kiamat.

4. Menyebarkan aib istri

Adalah sebuah kesalahan bagi suami yang menceritakan aib istrinya, apalagi kalau itu urusan ranjang. Suami yang demikian sama sekali tidak bisa menjaga kehormatan keluarganya.

5. Berbuat buruk pada istri

Hendaklah suami menahan diri dari perkara ini: berbicara buruk, kasar, mencaci, bahkan memukul istri. Sungguh, suami yang berbuat demikian karena kurangnya ilmu agama pada dirinya.

Istri ibarat pakaian baginya, bagaimana mungkin dia tega merobek-robek pakaiannya?

Itulah beberapa perbuatan dosa suami terhadap istri. Tentu masih ada poin-poin lain yang belum kami sebutkan, silakan jika ingin menambahkan. Lima hal ini adalah yang paling sering terjadi.

Semoga ulasan singkat ini bisa menjadi bahan evaluasi dan bahan untuk introspeksi diri. Sekian. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "5 Dosa Besar Suami Terhadap Istri, Nomor 3 Sering Disepelekan!"