Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya SEO Off Page dan 5 Cara Optimasinya untuk Website Anda

garudaphone.idBagi para pemilik website maupun blog, tentunya sudah tidak asing mengenal istilah SEO off page. Sebenarnya, SEO dapat dibagi menjadi Off Page dan On Page. Keuntungan pemakaian kedua jenis Search Engine Optimization tersebut difungsikan untuk menaikkan traffic maupun halaman peringkat pada situs pencarian.



Tentunya, pemilik usaha menginginkan sebuah website muncul pada halaman pertama Google bukan? Secara sederhana, hal itu salah satu manfaat pemakaian konsep peningkatan trafik pada website. Tetapi, itu hanya sebagian dari pemakaian konsep optimasi sesungguhnya. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui seluk beluk peningkatan trafik eksternal website secara mendalam pada artikel ini.

Mengenal Apa Itu SEO Off Page

Peningkatan traffic di luar situs merupakan langkah tepat dipakai untuk optimasi Search Engine Optimazation yang mampu dilakukan di luar konten. Hal tersebut berbeda dengan peningkatan angka pengunjung di dalam situs yang berkutat pada faktor SEO internal pada website. Optimasi di luar situs menuntut pemilik usaha untuk melakukan optimasi dari faktor eksternal. Faktor tersebut ditujukan dari inbound link atau backlink hingga berbagi ke sosial media.

Salah satu kesalahan umum dalam membahas tentang SEO eksternal adalah trik ini ditujukan untuk membahas link building. Padahal traffic luar situs jauh lebih luas dibandingkan hal itu. Terdapat beberapa langkah untuk optimasi traffic luar situs.

Cara Melakukan Optimasi SEO Off Page

Sebagai pemilik website perlu mengetahui bagaimana cara untuk melakukan optimasi. Beberapa cara tersebut diantaranya meliputi:

  1. Link Building

Link building merupakan bagian penting peningkatan pengunjung di luar situs. Hal ini karena Google memakai algoritma dengan nama page rank mampu menilai kualitas maupun jumlah backlink pada sebuah website. Hal tersebut berkaitan dengan banyaknya referring domain mempengaruhi kualitas organic traffic-nya.

Referring omain merupakan domain menghasilkan backlink pada sebuah situs. Terdapat lima faktor bisa mempengaruhi kualitas backlink atau inbound link, diantaranya meliputi page authority dan domain authority, dofollow dan nofollow,  anchor text, relevansi dan trafik.

Tentunya, setiap link memiliki kualitas website beragam. kualitas tersebut dapat diketahui dari skala domain authority-nya dan page authority. Domain authority merupakan kualitas profil backlink pada sebuah domain secara menyeluruh.

Pengukuran domain authority dapat dilakukan pengukuran mulai dari 1-100. Tentunya, semakin tinggi angkanya maka kualitas linknya juga baik dari domain tersebut. Apabila pemilik website ingin melihat DA atau PA maka sebaiknya menggunakan tools Moz atau Ahrefs.

Tidak semua link bisa terdeteksi oleh Google, link yang bisa dideteksi adalah link dofollow. Link tersebut mampu meningkatkan kualitas authority pada sebuah website. Tidak hanya link dofollow saja yang mempengaruhi kualitas sebuah website, penggunaan anchor text juga berpengaruh karena teks ini berisi tentang link yang dapat diklik pengunjung.


Selain beberapa hal di atas relevansi juga memiliki peran penting dalam membangun backlink. Usahakan mendapatkan backlink yang memiliki niche sama dengan website Anda.

  1. Listing Bisnis

Apabila ingin mengembangkan optimasi di luar website, maka sebaiknya bisnis terdaftar pada listing bisnis seperti Zomato, GrabFood dan Trip Advisor. Hal ini mampu  membantu meningkatkan traffic pengunjung di luar website secara aman dan terjamin. Tentunya, Anda harus melakukan pendaftaran pada listing bisnis di atas.

  1. Brand Mention Sosial Media

Setelah adanya kampanye maupun acara tertentu, bisnis bisa mendapakan brand mention dari sosial media.

Penyebutan brand tanpa menggunakan link menuju website memang tidak terlalu besar bagi peningkatan trafik luar situs. Hal ini karena penyebutan merek tidak dapat terlibat pada authority maupun traffic.

Meskipun demikian, keberadaan brand mention menunjukkan bahwa media tersebut familiar dengan usaha yang dijalankan. Anda dapat mengkontak media tersebut dan meminta penambahan link ke website Anda.

  1. Google Bisnisku

Layanan ini berupa listing bisnis yang diberikan oleh Google secara gratis. Bagi siapa saja yang memiliki bisnis dapat melakukan pendaftaran bisnisnya di Google Bisnisku. Listing bisnis ini memiliki manfaat dalam meningkatkan kualitas optimasi di luar website terutama lokal.

Adanya pendaftaran Google Bisnisku membuat usaha dapat ditemukan secara mudah dalam pencarian lokal. Tidak hanya itu, bisnis yang dijalankan bisa muncul di Google Maps. Anda dapat melakukan pendaftaran secara gratis 

  1. Review

Anda dapat meningkatkan optimasi melalui traffic luar situs dengan adanya review produk bsinis. Review juga memberikan pengaruh penting dalam Search Engine Optimization lokal. Maksud dari review tersebut tidak hanya mendapat review Google Bisnisku saja.

Namun, review produk juga dari situs review lainnya. Cara ini memang agak sulit karena pelanggan seringkali malas dalam memberikan review produk. Maka dari itu, pemilik usaha dapat melakukan giveaway agar konsumen mau melakukan review produk.

Itulah beberapa cara SEO off page untuk meningkatkan bisnis Anda, apabila masih bingung untuk melakukan optimasi. Anda bisa menghubungi Seomedia sebagai jasa SEO profesional yang membantu meningkatkan optimasi website dan sosial media Anda.


Post a Comment for "Pentingnya SEO Off Page dan 5 Cara Optimasinya untuk Website Anda"