Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu SEMRush dan Google Analytics sebagai SEO Reporting Software?

garudaphone.id Bagi para pemilik website, SEO reporting software sangat penting dalam mendukung aktivitas dunia digital marketing, terutama usaha yang bergerak di bidang online. Pemakaian software tersebut dapat dimanfaatkan dalam melakukan pengecekan keyword, audit maupun report analisis dari website kompetitor.


Bagi pemilik situs ingin melakukan analisis website usaha sendiri dengan perbandingan website kompetitor, maka penggunaan beberapa software berikut bisa menjadi pilihan. Beberapa diantaranya meliputi:


SEM Rush

Tools ini memiliki kapabilitas untuk melakukan audit SEO dan analisis lebih dari masalah teknis di dalam website. Penggunaan alat ini memberikan petunjuk mengenai permasalahan teknis paling atas yang dapat mempengaruhi pekerjaan website, sehingga pemilik situs bisa melakukan prioritas cara optimasi yang perlu dilakukan.


Anda dapat melakukan audit dengan menggunakan SEMrush yang tersedia untuk beberapa peket pilihan. Meskipun demikian, SEMrush memberikan pelayanan secara gratis dengan beberapa pemakaian seperti:


  • Analisis domain maupun keyword dengan batasan paling maksimal 10 pencarian per harinya. Analisis domain tersebut dapat dimanfaatkan untuk meninjau kekuatan maupun kelemahan kompetitor. Selain itu, analisa keyword dapat dimanfaatkan dalam menentukan pilihan kata kunci terbaik dapat pengusaha pakai pada website.

  • Pemakaian SEMrush bisa membantu mengcrawling 100 halaman pada situs web dalam mencari permasalahan.

  • Pelacakan dalam penentuan posisi website sesuai dengan 10 kata kunci target dan lain sebagainya.


Google Search Console

GSC merupakan salah satu alat tersedia oleh Google sebagai salah satu SEO audit tool yang dapat memberikan pemilik website mendapatkan pandangan mengenai kinerja organik. Pemakaian alat ini tidak dipungut biaya.


Pemakaian GSC ini bisa memberikan hasil analisis dengan memberikan informasi terkait masalah SEO secara teknis umum. Pemakaian Google Search Console membantu verifikasi Google Crawler dalam mengakses halaman website. Tidak hanya itu, pemilik website perlu memastikan halaman website juga terindeks. Secara umum terdapat beberapa pemakaian dari GSC diantaranya meliputi:


  • Pemahaman terhadap kinerja website seperti impressions, Click Through Rate (CTR) dan kondisi rata-rata

  • Penemuan error seperti 404 error, crawl issues dan pemblokiran halaman oleh robot

  • Pengiriman sitemap

  • Penemuan masalah keamanan

  • Informasi situs pencarian terkait nama domain dan lain sebagainya


Penggunaan Google Search Console sudah banyak digunakan oleh praktisi maupun pengembang website untuk melakukan audit peforma pada sebuah website. Pemakaian GSC bisa membantu mengetahui apa saja berkaitan dengan masalah yang diketahui oleh Google saat dilakukan perayapan atau indexing.


  1. Google Analytics

Pemakaian Google Analytics merupakan salah satu layanan gratis yang diberikan oleh mesin pencari untuk membantu Anda melakukan analisis user maupun pengunjung yang datang ke situs. Penggunaan GA memiliki banyak keuntungan diantaranya:


  1. Tidak Berbayar

Pemakaian Google Analytics ini tidk dipungut biaya. Selain itu, peralatan lain yang berbayar belum tentu memiliki kemampuan sama dengan GA. 


  1. Kemudahan Tracking

Penggunaan GA bisa membantu dalam melakukan tracking. Hal ini sangat berguna ketika Anda ingin mengetahui kinerja dari blog. Hal tersebut bisa membantu menemukan beberapa kendala mungkin membuat pengunjung blog berkurang.


  1. Menilai Metriks

Anda juga membutuhkan metriks ada di dalam GA untuk mengenali kinerja dari blog. Apakah kualitas kinerjanya bagus atau tidak dari berbagai macam pengukuran. Sistem analisis dari Google analytics membantu melakukan perombakan maupun perbaikan sistem.


  1. Ukuran Standard

GA merupakan alat pengukur standar yang biasa dipakai di dunia daring maupun digital marketing, sehingga kualitas konten maupun website Anda aman.


  1. Simpel

Anda tidak akan dipusingkan dengana berbagai metriks maupun perhitungan rumit. Tampilan GA enak dilihat dan mudah diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan.


  1. Berbagai Fitur

Ketersediaan fitur oleh GA memang banyak pilihan. Hal ini membantu Anda untuk melakukan analisis website. Selain itu, Anda dapat melakukan tracking jumlah pengunjung, artikel yang banyak dibaca dan sumber traffic.


Informasi-informasi tersebut bisa membantu untuk meningkatkan peforma website, terutama sumber traffic. Sumber tersebut diperoleh dari organic, direct, referral dan paid ads. Adanya, Google Analytics sebagai SEO reporting software dapat membantu untuk membuat strategi sesuai untuk mendatangkan views.


Seain penggunaan tools di atas, Anda dapat memakai Ahrefs dan Majestic SEO sebagai SEO reporting software mudah digunakan. Selain itu, pemakaiannya bisa membantu untuk menganlisis kebutuhan blog dan meningkatkan peformanya.


Post a Comment for "Apa itu SEMRush dan Google Analytics sebagai SEO Reporting Software? "