Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tata Cara SEO Youtube Bagi Youtuber Pemula Agar Memiliki Views yang Tinggi

garudaphone.idBagi Anda yang ingin menjadi seorang youtuber atau memang youtuber sudah memiliki content menarik namun memiliki view sedikit. Maka Anda perlu mengetahui cara SEO Youtube agar konten yang dibuat memiliki jumlah view tinggi. Apakah SEO penting untuk Content Creator? Pemakaian SEO di pencarian informasi pada You Tube sangat penting, seperti halnya Google Youtuber harus bersaing dengan video-video lain sejenis.



Tentunya, Anda harus paham bagaimana trik untuk memenangkan persaingan dalam pencarian Youtube. Cara paling jitu untuk mengambil posisi atas dalam pencarian adalah mengaplikasikan SEO You Tube. Penerapan SEO pada content penayangan dapat meningkatkan jumlah penonton sesuai target. Bagi seorang pemula maupun mahir perlu mengetahui tahapan pengaplikasian SEO You Tube.

Tahapan Penerapan Cara SEO Youtube untuk Konten Video

Sekarang, You Tube sudah tidak asing bagian sebagian besar masyarakat dunia. Hal ini karena You Tube merupakan salah satu platform yang dapat dimanfaatkan sebagai branding, pemasaran maupun mencari cuan melalui iklan dikonversikan menjadi penghasilan secara berkala.

Apabila view video tinggi, maka penghasilan juga turut naik. Maka dari itu, content video perlu mengoptimasi SEO Youtube agar mudah ditemukan di pencarian informasi sesuai kata kunci. Berikut tata caranya:

  1. Pencarian Kata Kunci yang Sering Dicari (Riset Keyword)

Kata kunci merupakan bagian penting untuk mengotimasi SEO You Tube agar mendapatkan perhatian oleh viewers.


Penempatan keyword juga perlu memperhatikan tingkat kerapatan tertentu seperti kata kunci turunan dan utama. Istilah tersebut dipakai sebagai kerapatan tersebut dikenal sebagai LSI.

Anda perlu memaksimalkan kata kunci akan dipakai sebagai content penayangan yang akan diposting.


Cara melakukan riset keyword sebagai konten You Tube yaitu, pertama, menemukan keyword sesuai tema atau niche. Penentuan niche sangat penting, terutama tema sesuai penguasaan, diantaranya meliputi, wisata, otomotif, review dan lain sebagainya. Untuk mempermudah membuat content, Konten Kreator dapat melihat Google Trends untuk mengetahui trend yang sedang banyak dicari.


Kedua, menganalisis trend terkini, content creator dapat memanfaatkan tab trends pada You Tube. Anda bisa menggunakan fitur autocomplete pada kolom pencariannya dan melihat trnd pada Google Trends dan tab trends. Ketiga, konten kreator dapat mengoleksi keyword pada Google.


Sekitar 20-40% traffic di You Tube berasal dari sistem pencarian organik di Google. Maka dari itu, penggunaan keyword sesuai dan bersamaan dengan trend yang sedang berlangsung. Tentunya, kanal Youtube dapat berkembang dengan baik.


  1. Buat Content Tayangan dengan Kualitas 4K Terbaik

Usahakan video yang dibuat memiliki kualitas baik dan relevan antara kata kunci dan kebutuhan pengunjung kanal.


Selain, Anda melakukan optimasi keyword, tayangan berkualitas juga menjadi poin penting. Beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti, perbaikan mutu editing, originalitas informasi, durasi penayangan informasi lebih dari 5 menit, thumbnail menarik tapi tidak clickbait dan memperhatikan keinginan penonton.


  1. Lakukan Optimasi Metadata

Penempatan keyword juga dinilai penting dalam mengoptimasi konten video agar semakin banyak dicari pengunjung. Beberapa hal perlu diperhatikan peletakan keyword terbaik pada tag, caption, penyelipan pada judul dan optimasi deskripsi pada video.


Tidak hanya itu, konten kreator juga perlu menambahkan hastag yang tepat. Hal tersebut dapat mempermudah Youtube dalam menghubungkan situs sehingga menjadi lebih spesifik. Jangan lupa untuk membuat thumbnail sesuai dengan content penayangan yang dibuat.


  1. Promosi Content Tayangan

Anda dapat melakukan marketing dengan menggunakan banyak cara untuk SEO You Tube. Terdapat banyak hal yang perlu dilakukan agar content penayangan dilihat banyak orang. Tata cara tersebut dapat dilakukan dengan cara promosi.


Beberapa cara dalam promosi secara tepat dengan memakai sosial media. Anda dapat melakukan sharing link ke Twitter maupun Instagram. Anda dapat memberikan link maupun footage berisi ringkasan maupun bagian dari orang penasaran.


Selain melakukan sharing link ke sosial media, Anda dapat membuat komunitas dan mengiklankan video agar mendapatkan traffic tinggi melalui layanan Google Adsense.


  1. Pemanfaatan You Tube Analytics

Setelah konten kreator melakukan beberapa tahapan cara SEO Youtube di atas, Anda bisa memanfaatkan You Tube Analytics. Penggunaan analytics ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan evaluasi pada setiap content sudah diposting.


Lalu, bagaimana caranya dalam evaluasi penayangan pada You Tube channel? Anda bisa membuka analytics tools sudah disediakan oleh You Tube. Konten kreator hanya perlu membuka Studio You Tube dengan mengarahkan kursor pada bagian kiri dan mengklik Analytics.


Itulah beberapa cara SEO Youtube agar konten semakin banyak dicari dan dikunjungi oleh para penonton. Tidak hanya itu, cara SEO ini juga efektif dalam membuat content semakin dikenal oleh penonton secara luas.


Post a Comment for "5 Tata Cara SEO Youtube Bagi Youtuber Pemula Agar Memiliki Views yang Tinggi"