Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Langkah Melakukan SEO Audit untuk Wordpress maupun Blogspot

garudaphone.idKebutuhan website menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengusaha yang ingin memajukan usahanya lewat online. Namun, masih banyak ditemukan beberapa website memiliki peforma kurang bagus, sehingga beberapa konten dimuat tidak terindeks Google. Maka dari itu, Anda perlu melakukan SEO Audit


Hal tersebut dilakukan agar konten maupun website dapat terindeks Google dan menaikkan view. Audit SEO memakan waktu tidaks sebentar, apabila Anda membutuhkan jasa Search Engine Optimization berpengalaman dalam menjalankan website agar terus berjalan. Maka langkah yang diambil adalah bekerja sama dengan jasa optimasi profesional.

Pilihan terbaik sebagai mitra usaha bisnis Anda adalah Seomedia. Anda tidak perlu khawatir karena kualitas dan kinerja perusahaan Search Engine Optimization ini sudah menerima banyak klien dari berbagai jenis usaha. Bagi Anda, yang ingin mengedit Search Engine Optimization audit terdapat beberapa langkah yang diperhatikan agar proses pengauditan berjalan lancar. Hal tersebut dilakukan agar konten dapat tampil kembali di halaman Google.

Bagaimana Langkah SEO Audit pada Halaman Website?

Prosedur dan praktik optimasi selalu mengalami perubahan karena harus bersesuaian dengan algoritma Google. Maka dari itu, Seomedia melakukan penilaian secara berkala mengenai Search Engine Optimization yang sudah dilakukan.

Apabila sebuah website bisnis tidak dioptimasi secara tepat dalam perlakuan proses pencairan dalam pelanggan target, maka proses optimasi audit harus berjalan secara tepat. Terdapat beberapa langkah perlu dilakukan dintaranya meliputi:

  1. Pengecekan Optimasi On-Page

Bagi pemilik website yang ingin meningkatkan ranking di halaman website maka cara paling cepat adalah dengan optimasi on page. Meskipun, pemilik website membutuhkan beberapa waktu untuk membuat backlink dengan kualitas baik.

Apabila ingin melakukan SEO audit, maka pemilik website perlu memperhatikan beberapa hal untuk melakukan Search Engine Optimization situs. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah melakukan identifikasi kelemahan dalam perbaikan website yang sedang ditangani. Beberapa diantaranya meliputi:

  1. Penggunaan Tag Judul

Hal pertama yang dilakukan dalam pengeditan optimasi adalah penggunaan tag judul. Usahakan tag diedit mampu menarik minat pengunjung website pada search engine. Selain itu, tag judul yanh diubah harus relevan dengan Search Engine Optimization dan penyebutan nama brand.

Tag judul tidak boleh lebih dari 65 karakter. Anda juga perlu memperhatikan tag meta description sudah memberikan konten menarik bagi para pengunjung? Itulah beberapa hal wajib diperhatikan dalam pengauditan optimasi.

  1. Penulisan Content secara Natural

Selain tag judul, pemilik website perlu memperhatikan tiap halaman website jenis konten diposting sudah tertulis secara natural atau tidak. Selain itu, apakah kata kunci digunakan sudah tersebar secara merata mulai dari Judul, paragraf awal, sub judul dan paragraf terakhir?

Hal ini membantu konten terbaca oleh Google. Selain beberapa di atas, Anda juga memperhatikan kualitas konten ingin diberikan kepada pembaca.

  1. Ada Tidaknya Internal Link

Perhatikan juga halaman konten, apakah sudah memiliki internal link atau belum? Guna memberikan fasilitas untuk para pengunjung dan pergerakan pada mesin pencarian. Hal itu penting untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung dengan situs yng relevan.

  1. Optimasi Gambar

Jangan lupa pemilik website optimasi pada gambar berhubungan dengan konten. Biasanya, gambar tersebut dihubungkan dengan keyword sesuai dengn isi konten. Namun, perlu diperhatikan ketika menggunakan gambar pastikan free lisensi atau bebas copy right.

Hal ini penting karena salah mengambil gambar berlisensi atau berbayar tanpa izin. Pemilik website dapat didenda dengan jumlah uang tidak sedikit.

  1. Pemeriksaan Pada Penggunaan Link jika Terjadi Broken Link

Selain beberapa bagian di atas perlu dilakukan dalam melakukan SEO audit, pemilik website juga perlu memeriksa link internal menuju halaman mati atau broken link. Keberadaan broken link dapat menyebabkan kinerja optimasi mengalami hambatan. Maka dari itu, pastikan sudah pemeriksaan dan identifikasi masalah tersebut.

Anda dapat menggunakan alat untuk melakukan pemeriksaan apabila situs dipakai berbasis CMS maupun e-commerce. Jika pemilik website menggunakan wordpress pastikan memakai plugin dapat dipakai untuk pengecekan broken link.

Plugin tersebut mampu menginformasikan perihal link mengalami kerusakan. Tidak hanya itu, Anda dapat memakai BrokenLinkCheck.com dalam melakukan pemeriksaan secara gratis. 

  1. Pastikan Situs dapat Terindeks oleh Mesin Pencari

Tidak hanya memeriksa keberadaan broken link yang menjadikan konten tidak terindeks Google. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah adanya program otomatis mampu mengakses situs. Beberapa masalah seperti code file tidak terpasang secara benar maupun konten situs dihack.

Hal ini dapat menyebabkan Google tidak mampu mengakses situs. cara terbaik untuk membantu melihat indexing content dengan memasukkan URL pada mesin pencari simulator Webconf. Apabila situs sudah tertampil secara benar dalam bentuk teks, maka situs juga dapat diakses dengan baik.

  1. Backlink

Setelah Anda melakukan on site elemen, cara perlu dilakukan untuk melakukan SEO audit adalah pemeriksaan profil backlink situs. Umumnya, sebuah konten dianggap berkualitas memiliki jumlah dan kualitas link menjadikan artikel sebagai rujukan.

Anda dapat memakai alat eksplorer link seperti Majestic SEO maupun SEMoz. Pemakaian tools tersebut untuk melihat daftar keseluruhan link merujuk pada satu situs.


Post a Comment for "4 Langkah Melakukan SEO Audit untuk Wordpress maupun Blogspot"