Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk

Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk

Garudaphone - Betapa penting sebuah system operasi yang kalian gunakan pada sebuah personal komputer, dan efisiensi kemudahan yang diberikan dari sistem operasi yang kalian instal pada sebuah perangkat komputer.

Dari berbagai pengalaman yang pernah saya lakukan, memang Windows 10 ini layak kalian gunakan sepertinya, karena alsan windows ini sangat ringan dan pada segi Grapich User Interface atau GUI ini sangat user frinedly sekali, dengan sentuhan efek Multi Tab yang bisa kalian gunakan.

Dari segi keamanannya juga windows ini memberikan pengalaman yang memuaskan sekali, apalagi kalian yang memiliki data penting maka kalian bisa gunakan aplikasi yang sudah Include pada paket Instalasinya, namun seringkali terbiasanya kita menginstal windows dengan DVD disc yang setiap saat bisa saja terjadi kerusakan pada opticalnya, dengan ini saya akan memberikan sebuah trik Cara Instal Windows 10 Dengan Flasdisk yang bisa kalian bawa kemana saja fleksibel dan tidak takut rusak seperti DVD tersebut. 

Siapkan Flasdisk 

Gunakan Flasdisk dengan kapasitas minimal 8GB untuk membuat Bootable Windows 10 ini, mengingat Windows 10 pada File ISO nya memiliki ukuran file yang lumayan besar setidaknya 4GB dalam 1File 64Bit dan 3GB pada File ISO 32Bit.

Software Bootable

Kali ini saya menggunakan Software Bootabel Rufus untuk membuat Windows 10 bisa menjadi Instaler pada Flasdisk yang kalian siapkan sebelumnya, seperti apa Rufus dan bagaimana konfigurasinya, berikut cara dan konfigurasi yang bisa saya bagikan ke kalian. 

1. Download Rufus dan gratis untuk kalian di situs https://rufus.ie/, aplikasi yang berukuran mini ini cukup dapat diandalkan buat kalian yang ingin membuta bootable pada flasdisk, seperti pada gambar dibawah ini adalah User Interface rufus yang kalian download. 

Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk

Aplikasi ini cukup mungil dan banyak pilihannya, dari yang portable dan instaler yan dapat kita instal pada pc kita, seperti pada gambar dibawah ini.

rufus

2. Saya sarankan untuk kalian yang ingin memiliki software ini dalam waktu lebih cepat tanpa ada proses instalasinya, maka kalian bisa memilih Rufus jenis Portabel yang berukuran 1.1 MB saja, kemudian kita bisa buka aplikasinya untuk memulai proses membuat Bootbale Windows 10.

ISO File Windows 10

1. Sebelumnya kalian siapkan terlebih dahulu file ISO Windows 10 dengan kesesuaian prangkat kalian bisa menggunakan 64Bit atau 32Bit, seperti yang saya gunakan adalah Windows 10 64Bit.

Windows 10
2. Setelah file ISO disiapkan, maka buka Aplikasi Rufus untuk membuat Bootable di Flashdisk kalian dan juga dalam kondisi flashdisk yang ingin kita gunakan untuk bootable sudah dalam kondisi terpasang pada pc yang kita gunakan, seperti pada gambar dibawah ini.

Widows 10

3. Setelah Flasdisk terpasang pada PC, kemudian akan muncul nama Flasdisk pada gambar diatas yang di namakan DLC-Boot, nama dapat berbeda-beda, kemudian kalian pilih Boot Selectionnya menjadi Disk or ISO Image kemudian Klik Select untuk mencari file ISO yang kalian miliki, seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk

4. Setelah file iso masuk dan terkonfigurasi pada rufus, kemudian kalian harus sedikit seting seperti tampilan gambar dibawah ini, diperhatikan option yang ber anak panah, agar tidak eror.

Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk

Keterangan Gambar : 

Image Option : Standart Windows Instalation
Partition Scheme : MBR
Target System : BIOS or UEFI

Setelah semua sama dan siap untuk melakukan bootable pada flashdisk, maka slanjutnya Klik tombol Start pada aplikasi Rufus, seperti pada gambar diatas.

Proses Bootable 

Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk

Gambar diatas merupakan tampilan setelah Klik Tombol Start pada Aplikasi Rufus yang kalian gunakan, maka akan muncul peringatan seperti diatas, kalian klik OK saja, maka proses akan berlangsung beberapa menit saja.

Finish

Setelah semua kalian lakukan seperti gambar sebelumnya dari step awal hingga akhir, selanjutnya kalian tinggal membuat seting pada BIOS untuk pembacaan awal atau First Boot kepada Flashdisk yang berisi file Windows 10.

Penutup

Terimkasih telah mengikuti step demi step yang saya bagikan kekalian, untuk membuat instaler windows 10 pada flashdisk, jangan lupa bagikan artikel ini dan komen artikel ini demi berkembangnya blog ini.

0 Response to "Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel