Cara Instal Ulang Windows 7

Garudaphone - Halo sobat semua, siapa dari kalian yang belum bisa untuk melakukan instalasi windows pada komputer, apalagi kalian pengguna aktif komputer yang menggunakan produk dari Microsoft yaitu Windows, pada kesempatan hari ini saya akan memberikan Cara Instal Ulang Windows 7.

Windows ini sangat familiar sekali ya sobat, aplagi sampai terdengar kabar bahwa windows ini akan berhenti untu kdapat update system berkala nya dari Microsoft pada tahun depan, mungkin tidak ada salahnya kalian belajar instal ulang sekarang ini, mengingat cara instal ulang pada windows lainnya tidaklah jauh berbeda, bahkan terbilang sama saja, cuma tampilan saja yang sedikit berbeda dari windows lainnya.

Installer Windows ISO

Hal yang perlu kalian perhatikan untuk pertama kali adalah sebuah Windows ISO File atau Windows Instaler nya, dalam proses ini kalian membutuhkan file iso ini ya sobat.

Kalian juga bisa menggunakan Windows 7 yang 64 atai 32Bit sesuai dengan keinginan kalian sendiri, mungkin boleh saran, jika Ram kalian diatas 4GB lebih baik gunakanlah Windows 7 64Bit saja, karena Memory atau ram akan terbaca sempurna.

DVD/Flasdisk

Kalian bisa gunakan 2 sarana untuk melakukan instalasi windows ini ya sobat, kalian bisa gunakan DVD Windows 7 atau kalian bisa Download Windows nya di situs resmi Microsoft dan membuat Bootable Windowsnya, dan untuk membuat Bootable kalian bisa lihat artikel sebelumnya Cara Instal Windows 10 di Flasdisk.

Proses Instalasi 

1. Masukan DVD Instaler Windows 7 kedalam DVD Rom kalian yang sudah terpasang pada Komputer kalian masing-masing, bila DVD Rom kalian tidak ada, maka gunakanlah Bootbale Windows 7 pada Flashdisk seperti tutorial saya sebelumnya, Cara Instal Windows 10 di Flasdisk.

2. Lakukan Setingan Bios untuk membuat First Boot DVD Instaler Windows atau Flasdisk Bootabel Windows 7 terbaca lebih dulu, seperti pada gambar dibawah ini. 


2. Tampilan diatas adalah Booting awal ketika komputer pertama kali dinyalakan dan untuk masuk ke BIOS komputer harus dimatikan atau di restart terlebih dahulu bila kondisi komputer hidup, kemudian nyalakan kembali komputer kalian untuk kemudian tekan tombol Del pada keyboard kalian.

3. Kemudian setelah masuk Bios maka kalian lakukan setingan Boot First Priority untuk membaca Windows 7 pada perangkat DVD atau Flasdisk Bootable, seperti pada gambar dibawah ini.

4. Gambar diatas adalah tampilan awal pada BIOS, maka kalian bisa pilih tab atau menu Boot, untuk melakukan setingan seperti Boot First Prioprity, lihat gambar dibawah ini.


5. Setelah tampilan boot muncul, maka kalian tekan Enter saja untuk menyeting Boot Priority, seperti pada gambar dibawah ini.


6. Pada gambar diatas terlihat 2nd Boot Device berada pada baris dua, maka kalian bisa pindahkan dengan cara tekan Page Up atau F6 untuk menaikan posisinya ke 1st Boot Device, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini Firsboot atau 1st Boot Device berubah menjadi CD Rom.


7. Setelah semua selesai di seting, maka selanjutnya kalian tekan F10 yang artinya setingan kalian sudah selesai dan siap untuk melakukan instaler, seperti pada gambar dibawah ini. 


8. Tekan OK maka komputer kalian akan melakukan Restart secara otomatis, dan membaca bootable Flasdisk atau DVD instalter Windows 7 kalian, dan kemudian muncul tulisan Press Any Key to Boot From Cd.. , makan kalian tekan Enter saja, seperti pada gambar dibawah ini. 

Tampilan Instalsi Windows 7

1. Tampilan Setelah Klik Enter Pada Press any key to boot from cd ....._ seperti pada gambar dibawah ini.


2. Maka selanjutnya akan seperti tampilan gambar dibawah ini dalam proses Windows is loading files.


3. Kemudian akan masuk tamplan Bahasa dan Regional jam dan juga waktu, seperti pada gambar dibawah ini.


4. Kemudian selanjutnya kalian Klik Next pada tampilan gambar diatas, maka langkah selanjutnya kalian bisa Klik Instal Now, seperti pada gambar dibawah ini.


5. Maka selanjutnya akan seperti gambar dibawah ini. 


6. Kemudian akan berubah tampilan seperti gambar dibawah ini, untuk melakukan Klik Centang pada kolom kosong dibawah menu.


7. Maka step selanjutnya kalian akan ditampilkan 2 option maka pilih Custom Advanced, seperti pada gambar dibawah ini. 

Cara Instal Ulang Windows 7

8. Maka proses selanjutnya kalian akan memilih Disk untuk dijadikan System Windows, maka kalian bisa pilih yang sekiranya data tidak ada, umunya untuk partisi DATA maka Local D terbentuk sebelumnya, untuk Local C biasanya tidak ada namanya, hanya Local C saja, lalu pilih selain Data atau Local D, seperti pada gambar dibawah ini. 

Cara Instal Ulang Windows 7

9. Maka kalian bisa Klik tombol Next yang ada dibawah pojok kanan, seperti pada gambar diatas, maka tampilan selanjutnya akan seperti gambar dibawah ini, dan sedang berjalan proses Instalasi atau transfer File System.

Cara Instal Ulang Windows 7

10. Proses tersebut akan memakan waktu lumayan lama, setidaknya 20 menit lamanya, dan akan penuh sampai akhirnya tampilan seperti gambar dibawah ini untuk melakukan restart system yang sudah terinstal.

Cara Instal Ulang Windows 7

11. Ketika tampilan seperti diatas, maka kalian cukup tekan Restart atau diamkan hingga penuh, itu merupakan tampilan akhir dari proses transfer file system windows dan akhirnya akan seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Instal Ulang Windows 7

12. Setelah itu proses ini akan memakan waktu setidaknya 2 menit untu kemudian menyempurnakan file yang di transfer sebagai system pada windows tersebut, seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Instal Ulang Windows 7
 
13. Maka selanjutnya system akan melakukan restart kembali untuk menyempurnakan hasil instalasi pada pc kalian, kemudian system akan melakukan konfigurasi yang akan memakan waktu kira-kira 2 menit, sepeti pada gambar dibawah ini. 


14. Selanjutnya kalian akan mengisi kolom User Name dan Komputer Name, Seperti pada gambar dibawah ini.


15. Setelah kalian isi pada kolom pada gambar diatas, maka selanjutnya kalian klik tombol Next saja, dan selanjutnya kalian akan di tampilkan pada kolom Password maka kalian bisa Next saja, kemudian pada saat tampilan Produk Key, kalian bisa Next saja lagi.


16. Pada tampilan gambar diatas, kalian bisa pilih Ask Me Later sana, ini adalah tampilan untuk windows update pada Windows 7 yang kalian gunakan, kemudian kalian akan dipilih untuk seting zona waktu seperti pada gambar dibawah ini. 


17. Dengan demikian kalian akan ditampilan anda akan ditampilkan sebuah optio koneksifitas pada komputer, maka pilih yang paling bawah, seperti pada gambar dibawah ini.




Tampilan Desktop Awal Windows 7


Maka tampilan awal pada windows 7 akan seperti pada gambar diatas ini, maka kalian telah berhasil dan sukses untuk melakukan instalasi windows 7.

Penutup

Demikian tutorial step by step tentang Cara Instal Ulang Windows 7 yang bisa saya bagikan ke kalian semua, dan jangan lupa untuk bagikan artikel ini sebagai refrensi cara instal ulang windows 7, jangan lupa tinggalkan jejak komtar dan terimakasih.

0 Response to "Cara Instal Ulang Windows 7"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel