Cara Instal Ulang Windows 7

Garudaphone - Halo sobat kali ini saya akan memberikan tutorial Cara Instal ulang Windows 7, dengan begitu sobat semua bisa belajar dan mencoba untuk mengenal sistem windows 7 pada kali ini, sebelumnya yang perlu kalian ketahui adalah, sistem windows itu banyak versinya, yaitu windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10.

Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk membagikan cara instal ulang Windows 7 saja agar lebih mudah dan gampang cara penginstalannya, walaupun sebenarnya, hampir sama dengan windows lainnya, namun untuk memulai dengan hal yang baru saya akan mencoba dengan windows 7 saja.

Perlengkapan

Perlu kalian ketahui, dalam hal perlengkapan tempur untuk penginstalan windows 7 ini cukup mudah dan gampang untuk kalian siapkan, tentunya bila kalian sudah siapkan semua, maka akan mudah melihat tutorial cara ini.

1. DVD Windows 7 versi berapa saja baik 64 ataupun 32 Bit
2. Perangkat komputer
3. DVD Rom yang sudah terpasang rapih pada CPU kalian sendiri
4. Dan jangan lupa segelas teh hangat untuk menemani kalian dalam belajar instal ulang windows 7 ini.

Hal pertama kalian perlu masuk kebagian yang paling inti yaitu BIOS, kalian bisa nyalakan komputer terlebih dahulu lalu dengan cepat kalian bisa masuk BIOS dengan menekan tombol Del hingga masuk BIOS dengan tampilan dominan Biru, seperti pada gambar dibawah ini. 


setelah muncul BIOS seperti pada gambar diatas ini, maka step selanjutnya kalian bisa membuat setingan untuk jadikan DVD itu Boot untuk pertama kali dihidupkan dengan cara seperti gambar dibawah ini.


Pada tampilan menu BIOS seperti pada gambar diatas, kalian ganti First Boot Device menjadi DVD kalian ya sobat, kemudian, kalian masukan DVD Windowsnya, dan kemudian tekan F10 yang artinya kalian setuju dengan setingan seperti pada gambar diatas, dan lakukan restart secara otomatis seperti pada gambar diabwah ini. 


Maka dengan kalian tekan Enter maka komputer akan menyimpan kondisi dengan setingan yang sudah kita buat agar kemudian proses restart dan membaca isi DVD windows segera dimulai dengan otomatis.


Setelah CPU restart maka system akan membaca DVD Windows yang sedang berjalan, maka tampilannya akan seperti diatas, bila keterangan diatas muncul maka kalian bisa tekan sembarang tombol ada keyboard kalian, biasanya saya tekan tombol Enter, kemudian akan muncul tampilan Windows Loading Files seperti pada gambar dibawah ini.


Tunggu proses selesai seperti pada tampilan diatas, maka akan tampi jendela baru untuk memilih bahasa yang akan kita gunakan di windowsnya, seperti pada gambar dibawah ini.


Setelah kalian memilih bahasa yang kalian mau, kemudian kalian bisa klik tombol Next, maka tampilan untuk siap melakukan instalasi akan dimulai seperti pada gambar dibawah ini. 


Kalian bisa klik Instal Now, untuk melanjutkan proses instalasinya, kemudian akan muncul jendela baru untuk konfirmasi persetujuan, dengan keterangan seperti gambar dibawah ini.


Kemudian kalian bisa klik  I accept the license terms lalu kalian bisa klik Next yang kemudian akan muncul jendela baru lagi, untuk memilih dua optional yang bisa kalian pilih salah satunya, namun kali ini kita memilih yang Custom Advanced seperti pada gambar dibawah ini.


Option diatas yang kita pilih yaitu Custom Advanced yang artinya, kalian telah memilih untuk instalasi windows total dan akan menghilangkan data yang tersimpan, kemudian akan muncul baris harddisk yang bisa kalian pilih untuk kalian instal windows, biasanya hanya ada 1-2 Partisi harddisk saja, untuk kali ini, saja akan mencoba untuk memberikan contoh partisi yang pertama dan awal saja, yang penting harddisk di kondisikan seperti baru digunakan.


Untuk tampilan awal partisi yang sebelumnya tidak pernah terinstal windows akan sama seperti pada gambar diatas, kemudian kalian bisa klik Next saja, maka akan tampil jendela instalasi transfer files windows, seperti pada gambar dibawah ini.


Jika pada langkah seperti pada gambar diatas, kalian sudah dalam titik aman, artinya langkah atau step diatas sudah tinggal menunggu tampilan komputer atau system untuk merestart, seperti pada gambar dibawah ini.


Pada step seperti pada gambar diatas, kalian bisa menunggu sampai penuh, atau kalian bisa langsung tekan enter untuk Restart nya, kemudian pada saat restart otomatis, komputer akan aktif sendiri dan akan ada tampilan seperti dibawah ini.


Ketika muncul tampilan seperti diatas ini, maka kalian jangan klik atau tekan tombol apapun agar CPU masuk ke windows yang sudah kalian instal sebelumnya, kemudian akan muncul tampilan windows sedang proses untuk update registery seperti pada gambar dibawah ini.


Setelah tampilan pada ambar diatas selesai, maka akan muncul jendela baru untuk penyempurnaan konfigurasi pada windows, seperti transfer file pada gambar sebelumnya.


Untuk step seperti pada gambar diatas ini, kalian cukup pantau proses ini dan coba di minum teh hangatnya, yang sudah kalian buat sebelumnya, kemudian akam muncul jendela baru untuk melakukan restart lagi, yang berarti instalasi sudah selesai seperti pada gambar dibawah ini. 

 
Kemudian setelah komputer melakukan restart otomatis, kemudian akan muncul jendela baru untuk memberikan nama user yang akan digunakan, seperti pada gambar dibawah ini. 


Kalian bisa ketik User name nya bebas yang kalian mau, kemudian pada kolom bawahnya akan muncul otomatis tulisan baru, lalu kalian bisa klik Next saja, nanti akan muncul jendela password Acount kalian bisa next saja, sepeti pada gambar dibawah ini. 

 
Setelah tampilan diatas selesai, maka kalian bisa next untuk melanjutkan prosesnya seperti pada gambar dibawah ini. 


Pada tampilan diatas, kalian bisa lewatkan saja untuk Windows Produk Key, kemudian akan muncul setingan proteksi pada windows seperti gambar dibawah ini. 


Pada tampilan diatas, kalian bisa pilih Use Recomended Setings yang akan muncul tampilan seting jam dan negara yang kalian gunakan, seperti pada gambar diabwah ini. 


Pada tampilan diatas, kalian bisa pilih negara dan jam ataupun juga tanggal, biasanya ketika memilih regional maka akan mengikuti setingan jam dan juga tanggal yang akan dipakai pada windows yang akan aktif nanti, kemudian instalasi selesai seperti awal atau baru lagi, seperti pada tampilan bibawah ini.

Penutup

Untuk melakukan instalasi, gunakanlah windows dengan licensi yang asli, dan gunakanlah selalu antivirus pada instalasi baru seperti yang kita lakukan pada proses instalasi seperti diatas, gunaknlah selalu antivirus yang bagus sebelum kalian menggunakan komputernya secara aktif, terimakasih telah membaca artikel ini, dan jangan lupa untuk selalu nantikan artikel-artikel menarik lainnya.

0 Response to "Cara Instal Ulang Windows 7"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel