[ADS] Top Ads

Review Paket Unlimited Indosat, Benarkah Tanpa Batas?

Review Paket Unlimited Indosat - Di era teknologi digital saat ini, tentu kita semua sepakat kuota internet sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap hari. Berbagai operator seluler pun telah menyediakan ragam pilihan paket internet yang bisa dibeli dan disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan kebutuhan akan internet yang kini cukup tinggi, kehadiran paket internet unlimited tentu menjadi hal yang ditunggu tunggu oleh para pengguna smartphone. Sayangnya di Indonesia, baru ada dua operator yang menghadirkan kuota unlimited yakni Smartfren dan Indosat Ooredoo. Khusus untuk smartfren sudah banyak kita ulas pada artikel sebelumnya, kali ini ita akan membahas kuota unlimited Indosat. Mulai dari harga, kelebihan dan kekuranganya.

Meskipun mengusung paket unlimited, namun sebenarnya baik indosat maupun smartfren tidak sepenuhnya unlimited. Smartfren misalnya, operator dari anak perusahaan Sinar Mas ini menerapkan sistem Fair Usage Policy alias FUP atau bisa diartikan sebagai batas pemakaian wajar. Artinya jika dalam satu hari sudah melewati FUP yang diterapkan, maka kecepatan internet akan menurun. Besarnya FUP sendiri terbagi jadi dua yakni 1 gb/hari dan 1.5 gb/hari dengan harga yang berbeda tentunya. Meski menerapkan FUP, namun kuota tersebut bisa digunakan untuk mengakses apa saja selama 24 jam atau tidak ada batasan waktu penggunaan. Lantas, bagaimana dengan indosat? Simak ulasanya berikut:

Review Paket Unlimited Indosat

Operator yang sellalu identik dengan warna kuning ini memiliki pilihan paket unlimited yang bervariatif. Mulai dari unlimited 3 hari, 7 hari dan satu bulan. Khusus untuk paket unlimited indosat 30 hari juga ada beberapa pilihan yang bisa kamu pilih. Berbeda dengan smartfren, indosat memililiki batasan pada aplikasi tertentu yang bisa diakses secara unlimited. Diantaranya unlimited youtube, unlimited music (spotify), unlimited sosmed (WA, FB, Twitter, Grab, Messenger, Gojek, Line dan Instagram). Selain bisa mengakses sejumlah aplikasi tersebut secara unlimited, indosat juga memberikan jatah kuota reguler yang bisa digunakan tanpa batasan. Besarnya kuota reguler berbeda beda tergantung paket yang dibeli.

Review Paket Unlimited Indosat


Meski paket unlimited indosat hanya bisa digunakan pada aplikasi aplikasi tertentu, ternyata tetap menerapkan FUP. Hal ini juga tertera pada aplikasi MyIM3, dimana indosat berhak menyesuaikan kecepatan internet kepada pengguna yang sudah melewati batas pemakain wajar. FUP ini tentunya hanya diberlakukan untuk unlimited Apps tidak untuk kuota reguler. Artinya jika kamu masih memiliki kuota reguler/kuota utama maka tidak akan kena batas kecepatan.

Dari pengalaman penulis, sebenarnya setelah melewati FUP masih cukup lancar digunakan. Hanya saja jika digunakan untuk streaming youtube dengan resolusi HD terjadi buffering. Namun jika dengan resolusi 360 pixel masih cukup lancar..

Harga Kuota Unlimited Indosat

Berikut kami sampaikan daftar harga selengkapnya

  • Unlimtied + 500 Mb (3 hari) Rp 5000,-
  • Unlimited + 1 Gb (7 hari) Rp 13.000,-
  • Unlimted + 1 Gb  (30 hari) Rp 25.000,-
  • Unlimited + 2 Gb (30 hari) Rp 40.000,-
  • Unlimited + 3 Gb (30 hari) Rp 50.000,-
  • Unlimited + 7 Gb (30 hari) Rp 75.000,-
  • Unlimited + 10 Gb (30 hari) Rp 100.000,-
  • Unlimited Jumbo (30 hari) Rp 150.000,-

Unlimited Indosat Vs Unlimited Smartfren

Jika dibandingkan keduanya, smartfren menawarkan kuota unlimited yang lebih sederhana. Dengan FUP 1 Gb/hari pengguna diberikan keleluasaan untuk menggunakanya sesuai kebutuhan. Di sisi lain indosat menawarkan lebih banyak pilihan terutama soal harga. Dari jumlah kuota, smartfren lebih unggul karena selama 30 hari mendapatkan total 30 gb (fup 1 gb/hari). Sedangkan indosat untuk harga Rp 50 ribu hanya mendapat 3 Gb kuota reguler dan unlimited pada aplikasi yang disebutkan diatas. Sedangkan dari kecepatan internet, smartfren menurunkan kecepatan menjadi 128 kbps setelah melewati FUP. Untuk indosat turun jadi 512 kbps (unlimited aplikasi) dan 16 kbps diluar aplikasi.

Melihat review paket unlimited indosat diatas dan komparasi dengan smartfren, kami lebih mengunggulkan smartfren. Namun semua dikembalikan pengguna, mana paket yang dirasa lebih cocok dan sesuai dengan kebutuhan.

Post a Comment

Copyright © 2018 Seputar Gadget Dan Internet