Penyebab Smartfren Unlimited Lemot Dan Cara Mengatasinya

Paket smartfren unlimited memang menjadi paket internet yang cukup favorit dikalangan warganet. Maklum saja, dengan harga yang relatif terjangkau kita bisa mendapatkan akses internet selama satu bulan penuh. Apalagi semenjak smartfren memangkas harganya dari Rp 149 ribu menjadi Rp 65 ribu. Banyak yang awalnya menggunakan provider lain, kini berpindah menggunakan smartfren. Rasanya slogan internet super puas kuota gak terbatas benar benar bisa dirasakan oleh pengguna smartphone.

Seperti yang kita ketahui bersama, paket ini memang tidaklah sepenuhnya unlimited namun ada batasanya atau yang disebut Fair User Policy (FUP). Jadi untuk paket unlimited seharga Rp 65 ribu mendapatkan jatah 1 Gb/ hari dalam kecepatan 4G maksimum.Jika sudah melewati batasan tersebut kecepatan akan berkurang. Sedangkan untuk paket unlimited seharga Rp 100 ribu mendapatkan jatah FUP 1,5 Gb/hari. Jatah kuota FUP tersebut rasanya memang sudah bisa mengakomodir kebutuhan internet sehari-hari kecuali jika digunakan untuk streaming video.

 Penyebab Smartfren Unlimited Lemot Dan Cara Mengatasinya


Akhir akhir ini, rupanya banyak yang mengeluhkan smartfren unlimited lemot. Tentunya hal tersebut cukup membuat kesal para pengguna smartfren. Berbagai komentar dilontarkan oleh netizen di media official smartfren baik di facebook maupun di twitter. Ada beberapa penyebab mengapa smartfren unlimited lemot. Yang pertama mungkin, karena memang sudah mencapai batas FUP. Apabila jatah FUP sudah habis, maka kecepatan akan menurun menjadi 512 kbps. Penyebab lainya adalah karena pengguna smartfren yang kian banyak akhir akhir ini. Harga paket smartfren unlimited bisa dibilang paling murah jika dibandingkan dengan provider lain. Tak heran jika kemudian banyak yang tergiur untuk menggunakanya. Hal itupun sangat terasa di jam jam dimana banyak orang yang mengakses internet seperti jam 12 siang ataupun antara jam 6 petang hingga 9 malam. Lantas bagaimana solusinya?

Cara Mengatasi Smartfren Unlimited Lemot

Selain menunggu dari pihak smartfren untuk mengoptimalkan jaringan smartfren yang lemot, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Berikut beberapa cara mempercepat koneksi internet smartfren unlimited.

1. Anti FUP Smartfren
Dengan menggunakan anti FUP, tentunya kita bisa mengakses internet smartfren secara true unimited. Artinya kita bisa mendapatkan akses internet dengan kecepatan maksimum. Caranya cukup mudah dan bisa kamu setting sendiri tanpa software apapun. Silahkan baca trik anti fup smartfren yang sudah kami berikan sebelumnya.

2. Gunakan Penguat Sinyal 4G
Kekuatan sinyal atau jaringan tentu saja sangat berpengaruh terhadap kecepatan internet. Sinyal yang tidak stabil kerap kali menjadi penyebab internet lemot. Untuk itu kamu bisa menginstal aplikasi penguat sinyal smartfren 4G pada artikel sebelumnya.

3. Setting APN
APN atau Acces Point Name merupakan gerbang yang menghubungkan perangkatmu dengan jaringan internet. Oleh sebab itu pengaturan APN juga berpengaruh terhadap kecepatan internet. Sebenarnya secara default memang sudah terdapat konfigurasi APN dan terisi secara otomatis. Namun dengan konfigurasi yang sudah kami siapkan, akan mendongkrak kecepatan internetmu. Silahkan baca: Cara Setting APN Smarfren 4G.

4. Setting DNS Bencmark
Cara mengatasi smartfren unlimited lemot yang terakhir adalah dengan melakukan setting DNS Benchmark. Untuk melakukanya kamu perlu download aplikasi DNS benchmark terlebih dahulu. Selanjutnya ikuti langkah berikut:

  • Download DNS Benchmark (aplikasi portable jadi gak perlu instal)
  • Buka aplikasi tersebut lalu pilih nameserver. 
  • Klik run Benchmark, dan tunggu sampai proses pencarian DNS selesai. Jika sudah kamu akan mendapatkan beberapa daftar DNS yang bisa dipilih. (carilah DNS yang berwarna biru/ hijau)
  • Untuk memasukan DNS tersebut, kamu harus membuat settingan APN terbaru sebagai berikut
  • Profil name: Smart1 
  • User name: smart1
  • Acces Number: #777
  • Password: smart

  •  Jika sudah, klik Advance, DNS Setting, lalu pilih static.
  • Isikan 2 DNS pada primary dan secondary DNS. Klik Ok
  • Pilih profil internet yang baru saja kita buat dan restart HP
Nah demikian tadi cara mempercepat internet smartfren unlimited yang lemot. Semoga bisa sedikit membantu bagi temen temen yang koneksinya menjadi lemot akhir akhir ini. Jika ada pertanyaan langsung saja diajukan melalui kolom komentar dibawah.

Post a Comment

Copyright © 2018 Seputar Gadget Dan Internet