Cara Pakai VPN Untuk WA, Instagram Dan Facebook

Cara Pakai VPN Untuk WA - Buntut dari kerusuhan demonstrasi yang terjadi pada 21 dan 22 mei 2019 lalu salah satunya adalah pembatasan penggunaan media sosial. Hal itu dilakukan pemerintah guna mengantisipasi maraknya berita hoax yang tersebar di masyarakat dan berpotensi membuat keadaan kian tak kondusif. Oleh karenanya sejak tanggal 22 mei lalu, para warganet kesulitan untuk menggungah gambar maupun video baik itu di Whatsapp ataupun di Instagram. Namun rupanya hal tersebut masih bisa diakali dengan beberapa cara, salalah satunya adalah menggunakan VPN.

VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network yang berfungsi sebagai pihak ketiga antara pengguna dan situs host. Dengan demikian aktivitas online para pengguna whatsapp, facebook, instagram ataupun situs lainya tidak langsung direct melainkan dialihkan menggunakan server jarak jauh. Oleh karenanya, VPN bisa menjadi salah satu alternatif untuk membuka situs ataupun aplikasi yang diblokir atau dibatasi.

Cara Pakai VPN Untuk WA, Instagram Dan Facebook


Secara umum VPN terbagi menjadi dua yakni berbayar dan gratis. Bagi pengguna VPN berbayar maka akan mendapatkan jaminan privasi yang lebih aman. Sebaliknya, ada beberapa bahaya VPN gratis yang patut kamu waspadai. Karena VPN ini menjadi pihak ketiga, maka data data pengguna bisa diketahui oleh pengelola VPN. Oleh sebab itu, jika ingin mengakses perbankan seperti internet banking baiknya matikan dulu VPNnya. Sedangkan jika hanya untuk mengakses sosial media saja, kami rasa tidak ada hal yang perlu dirisaukan. Lantas bagaimana cara menggunakanya? simak tutorialnya berikut.

Cara Pakai VPN untuk Whatsapp, Instagram, dll


  1. Pertama tama, download dulu aplikasi VPN di play store. Ada begitu banyak aplikasi VPN yang bisa kamu pilih. Kami sarankan pilihlah yang memiliki rating/review bagus dari pengguna lain. Sebab tidak semua aplikasi VPN work.
  2. Salah satu aplikasi VPN yang bisa kamu download adalah Solo VPN. Aplikasi ini cukup simpel dan sangat user friendly. Setelah berhasil di instal, langsung buka saja.
  3. Selanjutnya kamu bisa menggunakan mode auto atau secara manual untuk memilih lokas server. 
  4. Jika sudah ditentukan tinggal tekan conect. Tunggu beberapa saat sampai terhubung.
  5. Jika sudah terhubung keluar saja (tekan tombol home).
  6. Selanjutnya kamu sudah bisa terhindari dari pemblokiran atau pembatasan situs situs tertentu.

Bahaya Menggunakan VPN

Seperti yang disebutkan tadi bahaya dari penggunaan VPN terutama yang gratisan adalah soal privasi. Berikut beberapa hal yang bisa dialami akibat penggunaan VPN gratis.
  1. Pencurian Data
    VPN bekerja sebagai server pihak ketiga. Jadi data data yang ditransmisi seperti username, password dll bisa diambil oleh pihak ketiga. Baiknya hati hati dalam memiliki aplikasi VPN gratis agar pencurian data tidak terjadi.
  2. Aktivitas internet terlacak
    Segala bentuk aktivitas para pengguna di internetpun bisa dilacak oleh penyedia VPN. Mereka bisa mengetahui lokasi penggun dan apa saja yang dilakukan di internet.
  3. Malware
    Bahaya lain dari VPN gratis adalah rentan terserang virus atau malware. Virus ini bisa merusak sistem perangkat ataupun sengaja digunakan untuk mencuri data. 
  4. Ikllan berbahaya
    Biasanya penyedia VPN gratis mengandalkan iklan untuk mendapatkan penghasilan. Tak menutup kemungkinan, iklan yang terpasang adalah iklan berbahaya yang sudah disusupi malware.
  5. Salahgunakan Alamat IP
    Terakhir adalah, penyalahgunaan alamat IP pengguna oleh pihak pihak gak bertaanggung jawab. Jika alamat IP bocor, tentunya bisa menjadi celah untuk melakukan peretasan.
Nah demikian tadi tutorial cara pakai VPN untuk WA, Instagram, facebook dan situs lainya yang diblokir atau dibatasi. Sebelum menggunakan VPN baiknya perhatikan beberapa bahaya VPN gratis diatas. Kalau mau aman baiknya gunakan VPN berbayar. Atau jika memang mau menggunakan yang versi gratis baiknya teliti dulu jangan langsung instal.

0 Response to "Cara Pakai VPN Untuk WA, Instagram Dan Facebook"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel